Posted by: itapuspita | June 21, 2008

Dapur vs me

Sayur Lodeh …

ini adalah kesekian lamanya aku ditinggal ibu ke medan dan belom pulang sampe sekarang, yaa kira-kira senin dia akan balik ke surabaya, huh …….. setelah masak yang macem-macen dan gampang-gampang, kini saatnya aku masak yang bisa dibilang agak ribet dan agak sulit, aku sih udah tahu bahan dan bumbu-bumbunya tapi masih kurang yakin aja sama kemampuan sendiri … ceileee bahasane .. weeek ….

akhirnya tanya-tanya deh ketetangga untuk meyakinkan kalau bumbu-bumbu yang aku tahu gak salah, setelah tanya bumbu dan cara buatnya, langsung deh aku bertekad untuk memasak buat hari ini, dengan harapan semoga masakanku tidak mengecewakan.

mulai berangkat kepasar jam setengah enam lewat lima belas menit, dengan mata yang masih sembab dan ngantuk aku berjalan menuju kepasar yang jaraknya tak jauh dari rumah, selama perjalanan mikiiir apa yang mau dibeli ya? (maklum gak pernah belanja banyak, jadinya bingung). setelah masuk kepasar jadi deh beli yang macam-macam dan berikut daftar belanja’annya :

bumbu lodeh Rp. 1000

lombok campur tomat Rp. 1000

lombok ijo ale Rp. 500

ceker/cakar ayam 1/4 Rp.3000 (aku tawar 2500 gak boleh sama orangnya )

ikan pindang satu kernajang kecil2 Rp. 1000

tempe (gak ketinggalan pokoknya) Rp.1000

kerupuk (wajib) Rp. 1000

jadi semua habis Rp.8500 tanpa pencuci mulut atau buah-buahan, soalnya takut kalau mau beli, gak bisa pilih buah yang bagus soalnya.

setelah pulang dari pasar aku masak deh ^^

begini cara masaknya:

perhatikan dengan baik ya sodara-sodara …

pertama-tama : sayur lodeh di kupas -cuci- dan potong-potong, bumbu–bumbu lodeh (bawang merah, bawang putih, cabai merah kecil dan besar, tomat)cuci lalu haluskan(kecuali tomat) beserta ketumbar, kemiri, dan kunyit. setelah dihaluskan goreng hingga dan aduk-aduk sambil masukkan terong, lenkuas, daun jeruk, daun salam, dan tomat. aduk hinga rata dan kesat, tiriskan.

untuk sayur lodeh setelah dipotong-potong rebus kacang panjang, manisa dan cakar ayamnya, rebus dengan sedikit air. setelah mendidih dan cakar ayam empuk masukkan santan dan bumbu lodeh yang sudah digoreng tadi. aduk hingga rata dan masukkan penyedap rasa, garam dan gula, tunggu hingga mendidih dan harus tetap diaduk supaya santannya tidak pecah atau menggumpal.

nah itulah tadi masakkanku, dan setelah aku icip-icip waaah ternyata tidak mengecewakan^^

buat temen-temen selamat mencoba

ternyata ditinggal ibuk pergi bukan menjadi sesuatu yang buruk, melainkan dengan gak adanya ibuk, aku jadi bisa mengeksplor kemampuanku dalam memasak. hehehehhee

Advertisements

Responses

  1. hehe iyalah yang masak ita, yang icip ita, pastinya bilang tidak mengecewakan. Coba kalo orang lain yang icip, pastinya bilang lumayan.. hehe

    (lumayan ancur…. haha bcanda ta…)

  2. weeee …. nyebelin banget sih nih orng, tapi aslinya kmu kepengen kan bauullll ….. 😀 weeek ……..

  3. iya sih… kepingin soalnya.. belum makan nasi dari pagi.. (aq tau nih balasan dari Ita.. pasti bilangnya “ya iyalah…mana ada kebo makan nasi” huff…. )

    kebo juga manusia ta.. (-_-” maksudnya….. hehe)

  4. hahahahaaa ….
    kebo jadi2an klo gitu baul

  5. wakakkakakaka pussss…. lagak loe tuh pus xixixixixi

    kalo aku yg masak, dijamin saudaraku gak bakalan mau icip kecuali u gak bilang itu yg masak siapa, baru mereka makan.

  6. takut keracunan ya…
    hehehe

  7. kayaknya… n sama takut gak terjamin ahahahahhaha

  8. hakakakakk …. klo gitu beri surat jaminan bahwasannya makananmu itu tak beracun dan mengecewakan mod xixixiix

  9. sekalian kasih tanggal kadaluarsa

  10. yieeee.. *getok baul ama pus*

  11. wkwkwk

  12. hekeekkekek

  13. *nantangin* brani 2 lawan 1?? pus.. maju duluan, kamu kan banyak makan.. ntar kalo kalah aq tinggal….

  14. kabur…. *lari pakai bakiak*

  15. sama aja….. wakakkakaka


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: